Jumat, 08 November 2013

PIlkada Jawa Barat 2013 - 2018












Foto dari para cagub dan cawagub Jabar. 

Selamat malam para pembaca, Bonjour, Assalamualaikum wr.wb.  Nama gue Rahmat Mu’ammar, tapi panggil aja mamat biar akrab dikit (dikit aja ngak usah banyak – banyak). Karena ini blog pertama gue, jadi maaf aja ya kalo isinya berantakan kaya kapal titanic abis ditabrak pesawat kertas ;). Kali ini gue akan sharing *ceileh* tentang pengalaman ikut pilkada, tepatnya Pemilihan Kepala daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2013 – 2018 yang bertepatan pada hari Minggu, 24 Februari 2013 (copas dari wikipedia, soalnya gue lupa kapan). 

Beberapa minggu sebelum hari-H, banyak cagub dan cawagub yang tebar pesona dengan cara, strategi, dan sasarannya yang kadang nyeleneh, contohnya gue liat di tv seperti kampanye dengan panggung di tengah lapangan sambil dangdutan di akhir kampanye. Yang gue tau dari mulut orang – orang, yang datang ke kampanye tersebut katanya dari beragam usia. Yang tua, yang muda, semua ada. Bahkan, bocah juga ada disitu, berasa lapangan kaya isi alfamart. Gue ngak paham kenapa bocah mau jadi peramai suasana di sana padahal mereka ngak berkontribusi sama sekali di pilkada tersebut. Entah karena diajak keluarga, atau diajak temennya yang juga disuruh keluarganya buat hadir di kampanye itu, atau karena disana makanannya banyak. Semoga aja ngak ada yang namanya politik uang disana, yang tiap akhir acara dikasih langsung atau dikasih amplop yang isinya dari 10, 20, 50, kadang kalo lagi beruntung, 100 ribu bisa melayang ke dompet dari acara tersebut.
Lalu, ada lagi cara kampanye lain, yaitu kampanye ke tengah pasar atau istilah jokowinya “blusukan”. Cara ini setau gue dipakai oleh pasangan incumbent (posisi seseorang yang sedang menjabat sebagai kepala daerah dan hendak ikut dalam pilkada: yahoo! answers)  Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar. Bahkan, dulu bang Deddy Mizwar pernah datang ke pasar palsigunung, yang jaraknya ngak jauh dari rumah gue. Dan masih ada cara lain lagi yang gue ngak tau lagi bagaimana karena menurut gue masih banyak hal bermanfaat daripada hal tersebut, terlebih lagi saat itu gue lagi benar – benar serius buat persiapan Ujian Nasional.

Hari-H tiba. Minggu itu berjalan seperti biasa dan ngak ada sesuatu yang istimewa di hari tersebut. Gue udah bersiap buat  ke TPS. Namun, ada tapinya. Abang gue nolak buat ikut alias golput, dia lebih milih buat molor di rumah sampai siang bolong. Mungkin dia mikir kalo pemilu ngak bakal berefek buat kehidupannya dan buang – buang waktu. Tapi, menurut gue kalo ngak ikut pemilu itu termasuk mubazir, karena pemerintah sudah mengeluarkan anggaran sampai miliaran rupiah. Sayang juga kalo kertas pemilunya terbuang percuma. Sekitar jam 10, gue udah sampai di TPS. Waktu itu bareng sama bokap, dan nyokap nyusul belakangan. Sampai disana, gue ngeliat tempatnya masih sepi dan  pemilihnya ngak terlalu banyak . Gue langsung menyerahkan kupon nama ke panitia TPS dan langsung disuruh tunggu sampai nama gue dipanggil. Gue langsung nyari tempat duduk dan beberapa detik langsung terdengar suara “Saudara Rahmat”, reflek gue langsung pergi ke sumber panggilan dan ternyata dari panitia TPS. Gue langsung dikasih surat suara dan diarahkan ke bilik suara. Waktu pencoblosan, gue ngak tau harus milih siapa karena dari program kerja, prestasi, bahkan beberapa nama dan muka mereka masih asing buat gue. Karena ngak mau suratnya jadi ngak sah, yaudah gue asal milih biar ngak kelamaan di bilik suara soalnya malu diliatin gue sendiri yang nyoblosnya lama. Setelah mencoblos, gue langsung memasukkan surat tadi ke kotak suara dan kelingking gue langsung diarahkan ke tempat tinta stempel untuk bukti kalo gue udah ikut pemilu dan gak bisa ikut lagi di pilkada dan hari itu juga. 
















Ini Buktinya kalo gue ikut Pilkada

Sampai disini pengalaman gue yang sedikit tentang pemilu tadi, gue cuma berharap dari hasil pemilu kemarin terpilih orang yang benar – benar bisa menjadi tumpuan amanat rakyat, dapat menjalankan rotasi pemerintahan dengan semestinya, dan dapat membuat kesejahteraan di Jawa Barat meningkat dan bisa menjadi inspirator bagi para pemimpin – peminpin lain di Indonesia untuk membuat negeri ini menjadi jauh lebih baik untuk generasi seterus dan seterusnya kelak. Sekian, Au Revoir, Wassalamualaikum wr. wb.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar