Jumat, 17 Oktober 2014

Sumber daya alam Afrika

Afrika dikenal Sebagai Benua yang miskin dan terbelakang. Benua ini juga menjadi benua yang termiskin di dunia. Tapi dibalik itu semua, sebenarnya Afrika adalah benua yang sangat kaya. Mereka memiliki SDA yamg melimpah.

Afrika merupakan wilayah penghasil beberapa mineral terbesar di dunia. 95 persen produksi emas dunia berasal dari Zaire dan Afrika Selatan. Sementara itu, 50 persen produksi emas dunia berasal dari Afrika Selatan, Zimbabwe, dan Republik Demokratik Kongo. Beberapa mineral tersebut sangat dibutuhkan untuk perhiasan pembuatan uang. Selain itu, Afrika juga memiliki negara produsen minyak mentah besar seperti Nigeria, Libya, dan Angola. Mineral-mineral lain yang banyak dieksploitasi di Benua Hitam ini yaitu kobalt, tembaga, khromium, uranium, platina, dan bauksit. Sayangnya, belum ada industri yang dapat mengeksploitasi semua mineral di benua ini, sehingga kemiskinan di Afrika semakin berlarut-larut.

Benua Afrika juga memiliki sumber daya hayati yang melimpah. Di daerah Kongo, terdapat suatu cekungan daratan yang menghasilkan banyak pohon karet. Dari pohon karet tersebut diolah menjadi penghapus dan diekspor ke banyak negara. Pohon jenis palem juga banyak ditemukan disini seperti kelapa (Pantai Tropis), palem (Afrika Barat), kurma (Mesir), dan kakao (Ghana & Nigeria). Afrika juga menghasilkan banyak buah-buahan seperti pisang, pepaya, nanas, dan mangga. Di daerah Afrika utara menghasilkan buah seperti jerus, zaitun, lemon, dan anggur. Pulau Zanzibar (Tanzania) dikenal sebagai penghasil cengkeh terbesar di dunia. Selain itu, juga ada tanaman pangan seperti ubi, singkong, jagung, gandum, beras, dan sorgum. Afrika memiliki tanaman komoditas⁽*ⁱ⁾ seperti palem, kacang tanah (Afrika Barat), kopi, kakao, kapas mesir, dan sisal.

Air sangat dibutuhkan disini untuk kebutuhan sehari-hari. Sungai merupakan sarana yang banyak digunakan untuk kebutuhan tersebut seperti konsumsi, transportasi, navigasi, dan PLTA. Waduk Kalibar (Sungai Zambesi) merupakan produsen listrik terbesar di afrika yang dialirkan ke Zambia dan Zimbabwe. Selain itu juga Waduk Aswan (Sungai Nil), dan Sungai Niger (Ghana).

Kekayaan fauna juga menjadi yang utama di Afrika. Namun, banyak perburuan liar yang hanya mencari keuntungan tanpa memikirkan kelangsungan hidup para hewan. Mereka biasanya berburu untuk diambil kulit, tulang, tanduk, gading, dan bulunya. Maka dari itu, harus ada kedasaran dari masyarakat dan penanganan yang serius dari pemerintah setempat agar keberadaan hewan tetap terjaga dan ada untuk dilihat oleh anak cucu mereka.


3 komentar: