Sabtu, 30 Januari 2016

Proposal Bisnis Usaha Solarray

Ringkasan Eksekutif
Kami sebagai perusahaan yang bergerak di bidang energi terbarukan berkomitmen menjalankan perusahaan secara professional agar dapat menghasilkan suatu produk yang berkualitas dan memiliki harga yang bersaing. Target produksi kami dalam jangka waktu ke depan akan menghasilkan suatu peralatan elektronik dengan menggunakan energi matahari. 

Tujuan
Dalam menjaga keberlangsungan perusahaan ini, kami memiliki tujuan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang yang telah direncanakan dengan baik.
Jangka Pendek
Kami akan membuat produk elektronik yang sebagian besar energinya menggunakan tenaga surya.
Jangka Menengah
Kami akan membuat cabang baru seluas-luasnya untuk kemudahan mencapai para konsumen.
Jangka Panjang
Kami akan membuat program pemasangan instalasi listrik di desa-desa terpencil untuk upaya pemerataan listrik di seluruh negeri serta berinovasi untuk mengembangkan produk yang lebih baik.

Visi dan Misi Perusahaan
Visi:
Ikut berperan dalam upaya mencari solusi energi yang terbarukan dan ramah lingkungan seta pemerataan listrik di seluruh negeri.
Misi:
  • Membuat produk energi yang berkualitas, ramah lingkungan dan memiliki harga saing
  • Melakukan promosi secara tepat untuk mempercepat penyebaran produk ke masyarakat luas
  • Terus berinovasi dalam mencari solusi energi terbarukan

Sekilas Perusahaan
Solarray merupakan suatu perusahaan yang membuat dan mengembangkan peralatan elektronik dan pembangkit tenaga listirk yang sebagian besar menggunakan tenaga surya.

Kepemilikan Perusahaan
Solarray adah perusahan pribadi yang dimiliki atas nama Rahmat Muammar.

Sejarah Singkat Perusahaan
Solarray didirikan pada  2 Oktober 2017 oleh Rahmat Muammar.

Lokasi dan Fasilitas Perusahaan
Perusahaan ini berlokasi di Jl. Suratman Kaartmadja No. 38. Tempat usaha berupa bangunan sewa dua lantai dengan ukuran 10x5 meter.

Deskripsi Produk
Produk yang ditawarkan pada perusahaan kami adalah sebagai berikut:

Lampu Luar Tenaga Surya
Lampu ini dapat menyala tanpa menggunakan listrik PLN, karena menggunakan  tenaga surya. Cocok untuk dipasang pada tempat yang sulit dijangkau oleh aliran listrik, dan terdapat stop kontak untuk tersambung ke listrik PLN apabila kurang mendapatkan pencahayaan dari sinar matahari. Lampu ini juga dapat diganti sesuai keinginan dengan rentang energi 5-50 watt.

Lampu Sorot Tenaga Surya
Prinsip kerjanya sama seperti lampu luar, hanya saja lampu ini digunakan untuk penerangan yang terfokus pada suatu area.

Charger Tenaga Surya
Berfungsi untuk menyimpan energi listrik dari cahaya matahari dengan kapasitas 10000 mAh. Bisa digunakan untuk peralatan elektronik yang menggunakan baterai seperti handphone dan tablet.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya
Alat ini bertujuan untuk merubah energi dari cahaya matahari menjadi energi listrik searah yang akan disimpan pada baterai/accu. Dapat digunakan pada instalasi listrik skala kecil, seperti perumahan. Alat ini sudah berisi 1 set panel surya, baterai, inverter, dan solar charger controller. Panel surya dan baterai dapat diubah sesuai keinginan pembeli.

Karakteristik dan Perbandingan Kompetitif Produk
Produk yang kami buat sebagian besar merupakan produk buatan anak negeri, yang pastinya memiliki harga yang lebih murah namun berkualitas karena telah kami uji pada pemakaian yang berkepanjangan. Produk ini pun juga ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar fosil serta memiliki peran yang besar untuk upaya menghemat biaya listrik serta mengurangi resiko pemadaman mendadak.

Analisis Pasar
Kami menyadari bahwa produk ini telah banyak dijual oleh orang banyak. Tapi kami menjamin bahwa produk yang kami jual memiliki kualitas yang baik serta memiliki harga jual yang bersaing. Seiring dengan banyaknya masyarakat yang menyadari akan dampak dari pemanasan global, kami yakin produk yang kami buat akan menjadi sangat dibutuhkan di masa yang akan datang.

Analisis Industri
Saat ini banyak perusahaan yang telah membuat inovasi peralatan elektronik dari tenaga surya yang berharga saing atau berkualitas. Namun, kami dapat menjamin bahwa produk yang kami jual memenuhi kedua kriteria tersebut. Kami juga terus berinovasi dalam membuat beragam produk lain yang bervariatif.

Peramalan Pasar
Kami akan memfokuskan untuk menjual produk kami di dalam negeri, dengan target konsumen perumahan dan industri kecil. Jika sudah tercapai, kami akan memperluas jaringan kami untuk pasar Indonesia karena potensi pemasaran produk di negeri ini sangat besar.

Strategi Pemasaran
Kami akan mengikuti bazaar teknologi, promosi dari mulut ke mulut, serta menggunakan forum online untuk menampung testimoni para pelanggan yang telah memakai produk kami. Lalu, kami juga akan membuka cabang baru dan bekerjasama dengan situs online shop untuk kemudahan transaksi bagi konsumen.

Organisasi
Perusahaan kami terdiri dari beberapa bagian divisi dengan satu orang sebagai Founder/Pemilik.
a.  Bagian Keuangan (Bertanggung jawab dalam mengatur dana produksi dan operasional)
-  Kepala Keuangan
-  Akuntan
-  Administrasi
b.  Bagian Produksi (Bertanggung jawab dalam pembuatan dan pengawasan produk)
-  Kepala Produksi
-  Product Designer
-  Engineer
c.  Bagian Operasional (Bertanggung jawab dalam pemeliharaan alat kerja serta troubleshooting pada produk)
-  Kepala Operasional
-  Teknisi
-  OB
d.  Bagian Pemasaran (Bertanggung jawab dalam penjualan dan promosi pada masyarakat luas)
-  Kepala Pemasaran
-  Humas
-  Sales

Struktur Organisasi

Estimasi Biaya
Biaya Investasi
a.  Perlengkapan Kantor

b.  Perangkat Keras

c.  Perangkat Lunak

Total Biaya Investasi       = Rp. 33.000.000,-

Biaya Operasional
Total Biaya Operasional  = Rp. 235.900.000,-

Total Biaya Keseluruhan = Total Biaya Investasi + Total Biaya Operasional
                                       = Rp. 33.000.000 + Rp. 235.900.000
                                       = Rp. 268.900.000,-

Pendapatan
Total Pendapatan            = Rp. 306.600.000,-

Keuntungan
Keuntungan                     = Total Pendapatan – Total Biaya Keseluruhan
                                        = Rp. 306.600.000 – 268.900.000
                                        = Rp. 37.700.000,-

Revenue Cost Ratio (R/C)
R/C                                 = Total Pendapatan / Total Biaya Operasional
                                      = Rp. 306.600.000 / 268.900.000
                                      = 1,14,-
Angka tersebut menunjukkan bahwa investasi masih layak dilakukan. Artinya, setiap modal Rp. 1 yang dikeluarkan akan menghasilkan Rp. 1,14.

Break Event Point (BEP)
BEP Produksi                 = Total Biaya Operasional / Total Harga Jual
                                      = Rp. 268.900.000 / Rp. 5.110.000
                                      = 52,62 pcs

BEP Harga                      = Total Biaya Operasional / Total Harga Produksi
                                      = Rp. 268.900.000 / 240 pcs
                                      = Rp. 1.120.416,67

Angka tersebut menunjukkan bahwa investasi akan berada dalam titik impas jika dalam setahun mampu membuat rata–rata sebanyak 52,62 pcs/produk dengan rata-rata harga jual Rp. 1.120.416,67 per 4 produk.

Referensi
http://mudrika.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/45967/Proposal+bisnis+Antmedia.doc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar