Kamis, 15 Januari 2015

80 Mayat Mengambang di Sungai Gangga


Sekitar 80 mayat ditemukan mengambang di Sungai Gangga, India, Rabu (14/1/2015). Penemuan ini membuat pemerintah semakin khawatir atas masalah kesehatan Sungai Gangga, yang dianggap suci oleh jutaan warga India.

Puluhan jasad ditemukan di area dangkal sungai di dekat tempat kremasi negara bagian Utter Pradesh. Tayangan televisi lokal memperlihatkan anjing dan burung memakan jenazah yang sudah membusuk dan membengkak di aliran sungai.

Saumya Agarwal, seorang pejabat Utter Pradesh, memprediksi jumlah mayat di Sungai Gangga akan bertambah.

"Bisa jadi ada sekitar 100 jasad, tapi kami belum mendapatkan jumlah pastinya," ucap Saumya via sambungan telepon dengan AFP.

"Ketinggian sungai menurun, sehingga mayat-mayat itu pun bermunculan ke permukaan air," sambung dia, yang sejauh ini telah memindahkan 80 jenazah.

Tim dokter dikirim ke Sungai Gangga untuk menyelidiki kasus munculnya puluhan jenazah.

Jutaan umat Hindu di India membakar jasad keluarganya dalam kremasi terbuka, dimana abunya disebarkan ke sungai. Pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi bertekad membersihkan Sungai Gangga dari polusi.

Keluarga miskin yang tidak mempunyai uang untuk kremasi terkadang menghanyutkan jasad orang tercintanya ke sungai. Terdapat pula beberapa jasad yang dikremasi, tapi tidak seluruh bagian tubuhnya.

Sesuai tradisi kuno di India, jasad orang yang dianggap suci tidak dikubur atau dibakar, melainkan dibiarkan mengalir di sungai. 


Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar