Sabtu, 31 Januari 2015

Pendidikan Pancasila: Meng-“agama”-kan Pancasila

I.Pendahuluan
Di dalam kehidupan, manusia dituntut untuk mengejar kesempurnaan hidup dengan sebaik-baiknya, yang termasuk kesempurnaan lahiriah dan batiniah. Di dalam proses tersebut, manusia membutuhkan sesuatu yang dapat dijadikan pedoman agar tidak mengalami kegoyahan prinsip. Seiring berjalannya waktu, para manusia terdahulu mendapatkan pedoman tersebut dengan berbentuk tradisi dan budaya, yang menciptakan karakter dari suatu bangsa. Sementara itu, muncullah suatu ajaran baru yang diyakini berasal dari suatu Dzat maha kuasa yang disebut tuhan. Ajaran tersebut dimuat dalam suatu kitab suci dan menjadi suatu keyakinan yang disebut Agama. 

II.Topik Diskusi
Pertanyaan:
Agama merupakan pandangan dan pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari, termasuk hidup berorganisasi. Pancasila juga merupakan pedoman dalam semua segi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Apakah itu berarti tidak meng-agamakan pancasila? Jelaskan pokok-pokok pikiran pandangan anda.

Penjelasan:
Pengertian Agama
Agama merupakan suatu ajaran yang berasal dari keyakinan bahwa ada sesuatu yang memiliki kekuatan maha dahsyat dan kita mengikuti ajaran-ajaran yang diperintahkannya dan menjauhi segala larangannya. Di dalam agama pun ada ritual untuk menyampaikan doa serta memberikan rasa terima kasih serta bersyukur kepada tuhan. Agama juga merupakan pedoman dalam kehidupan sehari-hari, karena agama yang benar adalah yang mengajarkan setiap manusia untuk berperilaku sebaik-baiknya serta menghargai tiap perbedaan yang ada baik suku, ras, jenis kelamin, maupun agama. Agama sendiri tidak mendeskritkan suatu ras, karena memiliki tujuan untuk menyempurnakan kepribadian dan dapat dianut oleh setiap bangsa.

Pengertian Pancasila
Pancasila merupakan suatu pedoman untuk kehidupan berbangsa dan negara yang berasal dari budaya dan kearifan lokal bangsa indonesia serta pemikiran dari para pemimpin bangsa. Pancasila berisi pedoman untuk menjunjung tinggi ketuhanan, memiliki rasa toleransi antar sesama, serta mementingkan persatuan dan kesatuan untuk mencapai kesejahteraan bersama. Pancasila Tidak mendeskritkan suatu agama, karena pancasila sendiri mengandung nilai toleransi untuk memeluk agama sesuai dengan keyakinannya walaupun agama yang disahkan dalam NKRI terbatas.

Perbedaan Agama dan Pancasila
Agama:
- Berasal dari Risalah Tuhan
- Diturunkan kepada manusia/kelompok pilihan
- Kandungannya dituangkan dalam kitab suci
- Lebih condong ke keanekaragaman Bangsa
- Memiliki sanksi saat di kehidupan setelah kematian
- Merupakan perwujudan hubungan antara manusia dan sang pencipta

Pancasila:
- Berasal dari budaya dan pemikiran bangsa
- Tertanam dalam kehidupan masyarakat
- Kandungannya dituangkan dalam konstitusi
- Lebih condong ke keanekaragaman ras dan agama
- Memiliki sanksi sosial, moralitas, bahkan hukum
- Merupakan perwujudan hubungan antar warga negara atau masyarakat dengan bangsa

Dari tulisan diatas, sangat terlihat jelas bahwa Agama dan Pancasila sangat berbeda. Walaupun ada tujuan yang sama didalam kedua Pedoman tersebut, kita tidak boleh menyimpulkan bahwa Pancasila dan Agama adalah sama, karena keduanya memiliki asal dan bentuk pengaplikasian serta pertanggungjawaban yang berbeda.

III.Kesimpulan
Dari tulisan diatas, sebenarnya tujuan antara agama dan pancasila itu sama, yaitu untuk menyempurnakan kepribadian seseorang ke arah yang lebih baik. Isi kandungan dari keduanya pun mirip, yaitu ada nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, dan nilai sosial. Tetapi, jika dilihat dari latar belakang, agama dan pancasila jelas berbeda. Agama berasal dari tuhan yang ajarannya diturunkan kepada manusia pilihan dan ditulis dalam suatu kitab suci, sedangkan pancasila berasal dari budaya, karakter, dan pemikiran orang-orang terdahulu yang dituangkan dalam konstitusi NKRI. Jika kita memiliki pemikiran untuk meng-agamakan pancasila, itu merupakan suatu hal yang sangat keliru. Karena jika meng-agamakan pancasila, itu berarti kita menganggap bahwa nilai-nilai Pancasila berasal dari tuhan dan pencipta dari Pancasila itu sendiri adalah tuhan.

IV.Daftar Pustaka
-http://dedi-neo.blogspot.com/2012/03/apakah-pancasila-adalah-agama.html
-http://putrinurainiw.blogspot.com/2011/10/agama-merupakan-pandangan-dan-pedoman.html

-Malik, Moesadin. 2014. Pokok – Pokok Materi Pendidikan Pancasila: Modul Perkulaihan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar